Beberapa Cara Efektif Mengatasi Cacingan pada Anak

Parenting
cara efektif mengatasi cacingan anak
cara efektif mengatasi cacingan anak

Sumber Foto : popmama.com

Cara mengatasi cacingan pada anak dapat dilakukan secara medis dan alami. Karena anak-anak sangat rentan dengan cacingan maka sangat penting untuk menjaga kebersihan anak dan lingkungannya. Cacingan sendiri dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan anak karena cacingan akan mengganggu proses penyerapan gizi yang dibutuhkan di dalam tubuh anak serta membuat anak lemas dan lesu. Secara medis telah terdapat obat cacing dengan takaran dan penggunaan yang disesuaikan dengan aturan pakai. Untuk cara alami berikut ini beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membantu meredakan cacingan pada anak.

Salep Bawang Putih

Anak dengan gejala cacingan pada umumnya mengalami gatal pada bagian anus, sulit tidur, nyeri perut, rewel, dan mual. Dengan bahan alami yakni bawang putih dapat digunakan untuk membantu meredakan cacingan. Bawang putih sendiri dapat membantu membunuh telur cacing dan mencegah perkembangbiakan cacing.

Cara mengatasi cacingan pada anak menggunakan bawang putih adalah dengan mengkonsumsinya namun seringkali anak-anak tidak suka memakan langsung bawang putih. Bawang putih kemudian dapat digerus halus dan dijadikan salep yang ditambahkan minyak esensial. Kemudian celupkan kapas bersih ke dalam campuran salep tersebut. Kapas yang sudah direndam salep bawang putih kemudian dapat ditempelkan pada anus.

Konsumsi Wortel

Wortel yang kaya serat akan membantu memperlancar saluran pencernaan. Selain memperlancar saluran pencernaan wortel juga dapat membantu memperbaiki pencernaan dan mengeluarkan cacing dari dalam tubuh anak. Dengan ekskresi yang sehat melalui konsumsi makanan tinggi serat seperti wortel maka kotoran dan cacing dalam tubuh anak dapat terdorong keluar secara alami. Konsumsi wortel yang rutin selain membantu memperbaiki pencernaan anak juga baik untuk menjaga kesehatan mata pada anak.

Minyak Kelapa

Kandungan alami minyak kelapa sebagai anti bakteri dan anti virus mampu mengatasi infeksi karena cacing kremi pada anak. Cara mengatasi cacingan pada anak menggunakan minyak kelapa cukup dengan memberikan anak satu sendok teh minyak kelapa murni setiap pagi atau sebelum tidur. Selain dikonsumsi minyak kelapa murni juga dapat dioleskan pada anus untuk membantu membunuh perkembangbiakan cacing.

Biji Labu

Kandungan cucurbitacin pada biji labu sebagai anti parasit juga dapat membantu meredakan dan membunuh telur cacing. Cucurbitacin di dalam biji labu berguna sebagai anti parasit sehingga memiliki banyak manfaat termasuk mengobati cacingan. Cara mengatasi cacingan pada anak dengan biji labu adalah dengan melumatkan biji di dalam air mendidih. Setelah larut tunggu suhu air menurun untuk diberikan kepada anak dan diminum. Air biji labu tersebut dapat membantu memperkuat dinding usus.

Biji Pepaya

Biji pepaya mengandung zat caricin yang berguna sebagai bahan penyembuhan alami yang efektif untuk membantu mengobati dan meredakan cacingan pada anak. Biji pepaya kemudian ditumbuk hingga halus untuk dikonsumsi secara langsung atau dicampurkan pada makanan dan jus yang akan dikonsumsi oleh anak.

Teh Dari Cengkeh

Teh dari bahan dasar cengkeh juga terbukti ampuh dalam membasmi telur cacing. Karena kandungannya teh dari cengkeh dapat digunakan untuk mengobati cacingan pada anak namun dikonsumsi secara terbatas dan tidak sama dengan orang dewasa. Biji cengkeh yang dicampur dengan air panas kemudian akan menjadi teh dan bisa ditambahkan madu agar bisa dikonsumsi oleh anak-anak. Karena teh memiliki kandungan kafein maka sebaiknya pemberian teh pada anak secara terbatas seperti sekali atau dua kali setelah makan.

Referensi: Klikdokter.com