Tags:

Tips Memaksimalkan Investasi Emas Antam Agar Untung Besar

Finance
Emas Antam

Dari sekian banyak jenis investasi modern ini, Investasi emas antam menjadi pilihan menarik bagi mereka yang memiliki uang lebih dan ingin mencoba berinvestasi dengan mudah. Ada beberapa alasan yang menjadikan investasi emas menarik untuk dipilih diantaranya harga emas yang relatif stabil, harga jualnya bisa lebih tinggi, mudah dijual atau digadaikan sehingga sangat menguntungkan.

Apabila saat ini Anda tertarik dengan investasi emas, tidak ada salahnya menambah pengetahuan seputar investasi, mulai dari memahami apa itu emas antam, cara pelaksanaan investasi serta bagaimana cara agar invetasi emas yang dilakukan bisa menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar. Untuk lebih jelasnya, yuk simak ulasan di bawah ini!

1. Apa Itu Emas Antam?
Emas dalam bentuk perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, mungkin sudah biasa atau sudah banyak yang tahu. Namun, untuk jenis emas antam, sebagian orang masih ada yang kurang tahu perihal ini. Emas antam merupakan emas dalam bentuk batangan yang mana di keluarkan oleh PT. Antam (Aneka Tambang). Dalam produk emas antam, biasanya dilengkapi dengan sertifikat yang berisi informasi mengenai emas antam tersebut, seperti kadar emas, dimensi, berat dan juga nomor seri. Emas antam dibuat dengan ciri khusus yang menjadikannya sulit untuk dipalsukan.

Dari penjelasan ahli investasi, emas antam lebih cocok dipilih untuk jenis investasi emas ketimbang emas perhiasan karena ketika hendak dijual, emas antam lebih sedikit potongan harganya dibandingkan dengan emas perhiasan. Hal ini karena proses pembuatan emas antam yang lebih mudah dibandingkan pembuatan emas perhiasan, yang mana perlu keahlian khusus dalam pembuatannya. Jadi, jika anda ingin memiliki investasi emas dan tidak berniat mengenakannya, lebih baik untuk memilih emas antam.

2. Bagaimana Cara Berinvestasi Emas Antam?
Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menjalankan investasi emas antam, namun yang paling sering dan banyak dipilih orang adalah teknik klasik. Teknik ini sangat mudah dilakukan, yaitu cukup hanya dengan membeli emas antam disaat harganya murah kemudian menjualnya kembali saat harga emas mengalami kenaikan. Dari penjualan inilah, nantinya akan mendapatkan keuntungan. Namun, tentu saja, perlu kesabaran dan jeli memilih waktu yang tepat untuk membeli serta menjual emas antam. Sebagai tips bagi yang masih pemula, sebaiknya beli emas antam di tempat terpercaya atau distributor resmi untuk menghindari salah membeli emas.

3. Bagaimana Cara Memaksimalkan Keuntungan Investasi Emas Antam?
Jika emas antam yang sudah dibeli hanya disimpan sendiri di rumah, tentu tidak masalah selama aman. Namun, ada cara lain yang dapat dilakukan guna memaksimalkan keuntungan investasi emas antam yaitu dengan cara menjadikannya tabungan atau asuransi. Terlebih, jika anda memiliki impian untuk membeli sesuatu seperti misalnya mobil atau rumah. Tabungan emas antam ini nantinya bisa menjadi alat tukar dengan impian yang ingin anda capai.

Apabila ingin memiliki tabungan emas antam, otomatis anda harus komitmen menabung secara teratur untuk mendapatkan keuntungan yang besar, misalnya rutin menabung 1 gram emas setiap bulan. Apabila jumlah tabungan sudah mencukupi untuk ditukar dengan mobil atau barang lain yang anda inginkan, maka anda bisa menukarnya. Tabungan emas antam memiliki kelebihan berupa katahanan terhadap serangan inflasi. Jadi, tabungan emas bisa tetap utuh bahkan bisa meningkat nilainya. Berbeda halnya dengan tabungan uang yang sangat rentan terhadap inflasi karena masih erat kaitannya dengan pertukaran nilai mata uang.

Setelah membaca ulasan di atas mengenai investasi emas antam tadi, apakah Anda tertarik ingin berinvestasi? Jika memang anda memiliki dana lebih yang tidak terpakai, mengapa tidak dijadikan modal investasi? Siapa tahu, ini bisa jadi tabungan untuk mewujudkan impian anda lainnya seperti memiliki rumah, naik haji, biaya pendidikan dan lain sebagai nya.